• 100 Mahasiswa AIS Muhammadiyah, Siap Diterjunkan Dalam Sensus Penduduk 2020.

    by  • March 7, 2020 • Berita Terkini • 0 Comments

    Pemerintah Indonesia kembali akan melaksanakan hajatan besar siklus 10 tahunan yaitu Sensus Penduduk 2020. Kegiatan Sensus Penduduk kali ini berbeda dengan sensus penduduk yang pernah dilaksanakan sebelum-sebelumnya, ada inovasi dan terobasan baru yaitu Sensus Penduduk Online (SPO). Kegiatan ini telah dilaksanakan sejak 15 Februari yang lalu dan akan berakhir pada 31 Maret 2020.

    Dalam rangka untuk mencapai kesuksesan pelaksanaan SP2020, Badan Pusat Statistik (BPS) bekerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Forum Pendidikan Tinggi Statistika (FORSTAT). Tak ketinggalan Akademi Statistika (AIS) Muhammadiyah Semarang Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Program Studi Statistik, turut dilibatkan dalam kegiatan ini.

    Bertempat di Aula serba guna lantai 1 kampus AIS Muhammadiyah Semarang, sebanyak 100 mahasiswa dan 25 dosen mengikuti Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020 di Tingkat Kampus (RAKORPUS), Jum’at (6/3). Kegiatan tersebut sekaligus mengukuhkan 100 orang mahasiswa sebagai “ Sahabat Sensus”.

    Dalam Welcome Speech, Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) AIS Muhammadiyah Semarang Prof. DR. H. Suparman Syukur, MA. menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan dan keterlibatan AIS Muhammadiyah dalam Sensus Penduduk 2020. “ Sudah sangat tepat jika civitas akademika turut mendukung dengan menerjunkan instrumen yang ada, karena memang ranahnya. Walaupun AIS Muhammadiyah ini kecil, namun Alhamdulillah alumninya banyak menjadi ASN di Badan Pusat Statistik (BPS) yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Jawa Tengah khususnya, bahkan di hampir seluruh provinsi di Indonesia”.

    Sementara itu Direktur AIS Muhammadiyah Semarang Dra. Wellie Sulistijanti, M.Sc. mengatakan bahwa pihaknya siap untuk mendukung dan membantu mensukseskan kegiatan SP2020 kali ini. “ mahasiswa kami siap untuk membantu kegiatan ini mulai dari sensus di lapangan hingga entri data, karena memang mereka terlatih untuk itu” demikian paparnya.

    Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah Sentot Bangun Widoyono, MA didampingi Kepala Bagian Tata Usaha Joko Suwarjo, S. Si., M. Si dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas peran serta dan dukungan AIS Muhammadiyah Semarang.

    Uminun A Zainun, mahasiswa asal Alor NTT merasa bangga karena dikukuhkan sebagai salah satu Sahabat Sensus. “menyenangkan sekali, karena ini merupakan bagian dari kuliah lapangan, dimana saya dapat menginplementasikan ilmu yang didapat di kelas dalam kegiatan ini “, ungkapnya.

    Senada dengan itu,  Dina  Andriany mahasiswa semester II dari Sanggau Kalimantan Barat mengungkapkan “ menjadi sahabat sensus menjadi pengalaman tersendiri, saya merasa bangga bisa terlibat langsung dalam kegiatan bangsa ini”.

    About

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *