• Mahasiswa AIS Muhammadiyah Praktek di Sawah

    by  • July 9, 2018 • Berita Terkini • 0 Comments

    Setelah melakukan  pembekalan di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kendal pada Selasa 22 Mei 2018 lalu, Mahasiswa Akademi Statistika (AIS) Muhammadiyah Semarang diterjunkan ke areal persawahan di daerah Plantungan Kendal kemarin 5 Juli 2018.  Di lokasi pertanian sebanyak 23 Mahasiwa AIS Muhammadiyah melakukan Survei Ubinan tentang produktivitas pertanian berupa padi. Praktek ini adalah kegiatan rutin tahunan Mahasiswa AIS Muhammadiyah yang sedang mengambil mata kuliah Statistik Sektoral (pemerintahan).

    “Setiap tahun Mahasiswa AIS Muhammadiyah pasti praktek di lokasi pertanian”. Tutut Direktur AIS Muhammadiyah, Dra, Wellie Sulistijanti,  M. Sc.

    Wellie menjelaskan bahwa praktek ke lokasi pertanian ini adalah dampak dari kerjasama antara AIS Muhammadiyah dengan BPS Kabupaten Kendal. Di lokasi Mahasiswa AIS Muhammadiyah melakukan Penghitungan langkah BT (bujur timur) dan LS (lintang selatan) untuk mengetahui keadaan geogfafis dalam rangka pengambilan angka random dan menentukan titik yg akan diubin. Selain juga Mencatat hasil ubinan dengan timbangan.

    Wellie juga menjelaskan bahwa AIS Muhammadiyah kedepan akan memperbanyak jadwal praktek kepada Mahasiswa. Sebab dengan begitu Mahasiswa akan banyak mengenyam pengalaman sebagai Mahasiswa Statistik.

    “Jadi setelah lulus nanti tidak canggung lagi”. Katanya.

    Tak hanya dengan BPS Kabupaten Kendal dan survei produktivitas pertanian. Tetapi Wellie mengakui bahwa pihaknya akan terus melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk menunjang kemampuan Mahasiswa AIS Muhammadiyah. Salah satunya AIS Muhammadiyah juga akan menggandeng BPS Kota Semarang untuk survei harga pasar.

    About

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *